Sat. Oct 23rd, 2021
lemari

Lemari pajangan kembali dengan gaya, dari yang apik dan megah hingga yang tertekan dan ultra-modern! Baca artikel untuk ide, inspirasi, dan saran perawatan.

Lemari pajangan dulunya merupakan perabot wajib di banyak rumah. Dari zaman kuno hingga awal 21NS abad hampir tidak ada rumah tanpa rumah. Kemudian, untuk waktu yang relatif singkat, kami beralih ke minimalis, dan semua lemari menghilang dari pandangan… hanya untuk kembali ke rumah kami yang berperabotan IKEA. A lemari pajangan modern dapat ditemukan di mana saja. Pabrikan besar mengakui minat tersebut, sementara penggemar DIY membeli lemari antik dan memberi mereka perubahan modern.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat model lemari pajangan paling modis saat ini: gaya dan bentuknya, bahan dan pencahayaannya. Kami juga akan memberikan beberapa saran tentang cara merawat lemari pajangan Anda, menghilangkan debu dan memastikannya berfungsi seumur hidup.

Apa Itu Lemari Pajangan?

Lemari pajangan kadang-kadang disebut barang antik: ini membantu memamerkan barang-barang berharga, koleksi, atau keingintahuan Anda. Berbeda dengan lemari atau rak buku tertutup, lemari biasanya memiliki panel depan kaca. Dahulu lemari pajangan terbuat dari kayu, namun saat ini banyak sekali model yang menampilkan rangka baja atau seluruhnya terbuat dari kaca.

Secara tradisional, barang antik digunakan untuk menyimpan:

  • Cucian piring;
  • Koleksi barang, seperti piring, cangkir, kendi, model mobil, atau boneka.

Namun, tergantung pada ruangan dan ide desain, ruang kabinet dapat diatur untuk memuat tampilan yang benar-benar unik. Artikel ini memberikan beberapa saran tentang masalah ini.

Model dan Gaya Lemari Pajangan

Baik lemari pajangan vintage maupun modern berada di bawah tiga model utama: unit tradisional, sudut, dan built-in.

Kabinet tradisional merupakan inkarnasi dari pendahulunya yang bersejarah. Model ini dapat berdiri sepenuhnya di lantai atau memiliki “kaki” kecil. Seringkali terdiri dari dua bagian: bagian bawah yang tertutup dan bagian atas dengan pintu kaca. Anda dapat menggunakan bagian bawah untuk menyimpan hal-hal yang ingin Anda sembunyikan dari tampilan dan menggunakan bagian atas untuk menampilkan item yang lebih indah.

Salah satu jenis model tradisional adalah lemari etalase toko dengan panel belakang kaca. Ini sangat ideal untuk ruangan yang lebih kecil, karena secara visual memperluas tempat.

Lemari pajangan modern model tradisional membanggakan berbagai bentuk dan bahan. Barang antik desainer sering kali memiliki siluet dan pencahayaan fantasi, serta elemen berwarna. Beberapa seluruhnya terbuat dari kaca, menyerupai pajangan museum yang megah.

Sebuah lemari sudut dimaksudkan untuk ditempatkan di sudut ruangan. Ini paling cocok untuk kamar yang lebih besar, sementara di kamar yang lebih kecil mungkin benar-benar menghabiskan banyak ruang.

Kabinet built-in sangat populer saat ini. Sangat bagus untuk menghemat ruang kosong di dalam ruangan. Ini dapat diatur ulang dari lemari pakaian built-in yang sebenarnya, atau Anda dapat menggunakan pintu untuk membuat barang antik.

Saat ini, lemari pajangan terbuat dari kayu, plastik, baja, chipboard, kaca, dan bahan lainnya. Lemari pajangan modern biasanya hadir dengan berbagai pilihan pencahayaan, artinya koleksi Anda akan selalu terlihat dalam cahaya terbaik.

Memasang Lemari Pajangan di Kamar Anda

Saat mendesain ruangan dengan mempertimbangkan lemari pajangan, ada baiknya mempertimbangkan gaya keseluruhan:

  • Di ruangan bersejarah, lemari besar yang terbuat dari jenis kayu mulia paling cocok. Atau, mereka bisa berupa lemari kayu dengan detail berlapis emas dan kaki berukir.
  • Kamar bergaya Provence dan pedesaan menyambut lemari yang memiliki elemen dekoratif vintage, mural, atau decoupage.

Catatan: Baca posting oleh seorang desainer dan seniman yang berbasis di Aberdeen tentang makeover bergaya chinoiserie dari lemari pajangan vintage.

  • Terakhir, di kamar Skandinavia, Provençal, atau shabby chic Anda bisa meletakkan lemari berwarna terang. Untuk ruangan besar, pilih lemari besar dengan banyak pintu. Untuk ruangan kecil, pilih lemari satu pintu, mungkin yang sudut.

Perhatian: Saat memilih lemari untuk ruangan, pertimbangkan tujuan ruangan dan siapa yang tinggal di sana. Kabinet dengan kaki akan terlihat bagus di ruang tamu atau di dapur dan di sebagian besar ruangan yang digunakan oleh orang dewasa. Namun, model ini tidak disarankan untuk kamar tidur anak-anak, karena tidak cukup kuat. Lemari kaca juga tidak baik untuk kamar anak-anak karena kerapuhannya, tetapi mereka akan memperluas ruang tamu secara visual.

Lemari Pajangan DIY

Dimungkinkan untuk membuat lemari pajangan modern sendiri. Karena beberapa model mungkin digantung di dinding, memperbarui lemari dapur adalah ide bagus yang tidak akan menguras kantong. Perombakan lemari antik sangat populer: sementara beberapa desainer memilih gaya bersejarah, yang lain menggunakan ide yang lebih modern: mereka melepas kaca dan menggunakan pita.

Ide lain untuk membuat lemari pajangan modern sendiri adalah dengan menggunakan pintu. Terkadang Anda tidak ingin menggunakan pintu dengan benar, sehingga Anda dapat mengubahnya menjadi lemari dan digunakan untuk penyimpanan.

Cara Merawat Lemari Pajangan Anda

Tidak peduli bahan apa yang terbuat dari lemari pajangan, itu harus dirawat dengan benar. Jadi, berikut adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk merawat lemari pajangan Anda.

DOS

  • Gunakan hanya kain kering yang lembut dan pembersih yang sesuai dengan bahan lemari
  • Pada unit vintage dan tertekan hanya menggunakan pembersih khusus dan kain flanel
  • Di area yang sangat halus, gunakan kemoceng.

JANGAN

  • JANGAN PERNAH menggunakan bahan abrasif
  • Jangan letakkan lemari pajangan di sebelah unit pemanas
  • Untuk melindungi kayu, jangan letakkan lemari kayu di bawah sinar matahari langsung
  • Jangan gunakan kain basah
  • Gunakan produk pemoles hanya seminggu sekali.

Mungkinkah Memiliki Lemari yang Bebas Debu?

Lemari tertutup, lemari dan lemari berlaci tampaknya hampir tidak bisa ditembus oleh debu. Sayangnya, tidak demikian halnya dengan lemari, apalagi jika memiliki pintu kaca. Jika ini benar-benar masalah bagi Anda, ingatlah bahwa lemari pajangan modern terkadang memiliki perlengkapan karet. Mereka memastikan bahwa pintu menutup dengan baik dan tidak membiarkan debu masuk.

Lemari pajangan modern adalah tambahan yang bagus untuk ruangan mana pun. Ini menarik dan fungsional dan dapat bertahan seumur hidup, asalkan dirawat dengan benar.