3 Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Mencuci Motor Kesayangan

  • Whatsapp

Perawatan kendaraan kesayangan tidak hanya beskisar mengganti oli ataupun membawa servis secara rutin, namun anda juga perlu memperhatikan kebersihan kendaraan agar dapat berfungsi optimal. Selain menjaga performa mesin tetap terjaga, mencuci motor menjadikan kendaran tampak bersih dan enak dipandang. Sayangnya, ada beberapa pantangan yang harus dihindari ketika hendak membersihkan motor. Berikut ulasannya.

Beberapa Pantangan Ketika Mencuci Kendaraan Kesayangan

1. Jangan Bersihkan Bagian Bodi Terlebih Dahulu

Disadari atau tidak, sebagian orang masih mencuci bagian bodi kendaraan terlebih dahulu ketika hendak membersihkan kendaraannya. Padahal tahapan ini tidak dianjurkan, karena ditakutkan bodi kendaraan dapat tergores akibat masih ada debu maupun pasir halus yang menempel di permukaannya. Oleh karenanya, disarankan untuk membilas seluruh bodi kendaraan dengan air bersih terlebih dahulu di bagian bawah kendaraan dan dilanjutkan di bagian atasnya.

2. Mencuci Saat Mesin Motor Panas

Tidak diperkenankan mencuci motor ketika mesin masih panas, adalah pantangan yang masih sering diabaikan. Jika kebiasaan ini tetap dilakukan, ditakutkan akan beresiko mesin lebih mudah rusak di bagian blok mesin maupun di pangkal knalpot. Sebenarnya hal ini sesuai dengan hukum fisika, dimana logam maupun besi yang masih panas akan memuai ketika disiram menggunakan air. Proses inilah yang membuat reaksi berlebih hingga muncul kerusakan.

3. Tidak Menyemprotkan Air Bertekanan

Salah satu kesalahan fatal yang masih sering dijumpai yaitu menyemprotkan air bertekanan tinggi. Terdengar sepele, namun ternyata dampaknya kecil seperti yang dibayangkan sebelumnya. Sebab pelumas pada rantai motor ditakutkan akan rontok, yang akan berakibat menurunkan performa rantai rodanya. Resiko lainnya yaitu pelumas rantai akan terpercik pada bagian lain dan berakhir meninggalkan noda, atau bahkan muncul karat hingga rantai lebih mudah putus.

Mencuci kendaraan pribadi memang termasuk serangkaian perawatan yang wajib dilakukan oleh setiap pemiliknya. Sayangnya, aktifitas ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan demi menjaga kecantikan tampilan hingga performa mesinnya sendiri. Setidaknya ada beberapa pantangan yang wajib dihindari, seperti tidak mencuci kendaraan dalam keadaan mesin masih panas. Agar tidak sala langkah, pastikan semua pantangan tersebut dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *