Agar Tak Tertipu, Berikut 3 Tips Investasi Rumah

  • Whatsapp

Salah satu cara untuk alokasi keuangan yang tepat di saat ini adalah dengan menyiapkan dana untuk investasi. Kamu dapat memilih berbagai investasi, tetapi perlu untuk mengetahui segala seluk beluknya agar tidak tertipu atau merugi. Investasi properti menjadi bisnis yang cukup menjanjikan, sehingga banyak yang mulai melirik. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui tips investasi rumah agar bisnisnya berjalan lancar. Berikut 3 tips jitu yang kamu wajib tahu!

Tips Jitu Menjadi Investor Muda di Bidang Properti

1. Pertimbangkan Keuangan

Melirik investasi properti memiliki tujuan utama untuk membuat keuangan menjadi lebih baik atau stabil. Oleh karena itu, sangat penting mempertimbangkan keuangan sebelum berinvestasi di bidang properti. Kamu harus menentukan DP dan besarnya cicilan agar tidak memberatkan kamu. Besarnya DP dan cicilan ditentukan dari besarnya pendapatan tiap bulan. Idealnya hanya sekitar 30% besar cicilan yang dikeluarkan setiap bulan dari total jumlah penghasilan.

2. Tentukan Lokasi dan Jenis Rumah

Lokasi yang strategis menjadi pertimbangan penting sebelum membeli rumah yang akan kamu jadikan investasi. Rumah yang ada di lokasi yang buruk sulit menarik minat pembeli dan harga rumah pun akan turun dari harga pasaran. Pertimbangan yang perlu kamu perhatikan, yaitu fasilitas publik, lokasi, sarana transportasi, dan beberapa fasilitas penunjang dari perumahan tersebut. Pastikan telah survei lokasi hingga detail agar tidak menyesal setelah membeli.

3. Persiapkan Sewa

Setelah memiliki rumah, kamu dapat menyewakan rumah itu sebagai tips investasi rumah yang terakhir. Cara penentuan harga sewa dapat kamu tentukan dari fasilitas yang diberikan pada penyewa, lokasi rumah, dan beberapa hal lainnya. Harga yang kamu patok pastikan sesuai dengan harga pasaran agar tidak rugi dari biaya yang kamu keluarkan untuk rumah tersebut. Selain itu, berikan peraturan agar penyewa rumah betanggung jawab atas rumah itu.

Beberapa orang mulai melirik investasi properti, salah satunya rumah sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Para investor muda harus memperhatikan beberapa hal, seperti kondisi keuangan sebelum membeli rumah, tentukan lokasi dan jenis rumah, serta persiapkan untuk sewa rumah. Kamu harus menentukan harga sewa yang tepat dengan pertimbangan fasilitas untuk penyewa dan fasilitas yang ada di lokasi sekitar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *