Sama sama Menarik Untuk Dicoba, Yuk Simak Perbedaan VR dan AR Disini

  • Whatsapp

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Sama sama tengah menjadi perhatian khusus di kalangan masyarakat, tentunya keberadaan teknologi canggih ini bisa menjanjikan adanya pertumbuhan ekonomi yang luar biasa di bidang bisnis. Berbicara mengenai teknologi tersebut, ada kemungkinan bahwa Anda kebingungan mengenai perbedaan VR dan AR ini. Untuk itu, yuk simak perbedaan tersebut dalam ulasan ini.

Perbedaan Antara Virtual Reality dan Augmented Reality

1. Perangkat yang Digunakan

VR biasanya akan diakses dengan menggunakan perangkat seperti headset, yang sepenuhnya bisa berinteraksi dengan lingkungan virtual yang dihasilkan. Tidak hanya visual tetapi juga suara, bau, sentuhan, dan juga rasa. Sementara untuk AR, biasanya bisa diakses melalui kamera ponsel yang kemudian bisa menampilkan lapisan ke lingkungan sekitarnya di layar ponsel. Dengan kata lain, pada teknologi satu ini yang bekerja bukan hanya ponsel melainkan juga dibantu dengan aplikasi pendukung.

2. Tingkat Kedalaman Pengalaman Bermain

Virtual Reality dirancang agar para pengguna sepenuhnya berada di dunia virtual, dimana perangkat tersebut benar benar memblokir lingkungan nyata dan memberikan tampilan virtual. Sementara AR tidak menggantikan lingkungan nyata ke virtual, tapi menambahkan konten virtual sehingga terlihat di lingkungan nyata. Dimana AR ini tidak mengekspresikan konten dengan sifat yang mendalam, serta lapisan di atas lingkungan fisik pengguna dan lainnya tergantung pada fitur dunia nyata.

3. Jenis Media yang Ditampilkan

Jenis media yang ditampilkan juga menjadi salah satu perbedaan VR dan AR. Pasalnya VR merupakan sistem imersif yang akan menggunakan komputer untuk membuat lingkungan virtual. Dimana video game dan film adalah media yang paling umum diadaptasi untuk AR. Berbeda dengan VR, media AR tidak terlalu sensitif. Dimana AR ini hanya sebagai tambahan halus di dunia nyata, biasanya bisa dilihat melalui aplikasi dengan kamera ponsel sehingga akan terlihat berada di dunia nyata.

Sekilas nampak mirip, namun Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) memiliki konsep yang berbeda. Dimana masing masing teknologi ini memiliki karakteristik yang dapat dengan mudah dibedakan satu dengan yang lainnya. Meskipun berbeda, namun kedua teknologi ini sama sama populer di masyarakat. Jadi, apakah Anda tertarik untuk merasakan perbedaan dari AR dan VR tersebut?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *